A place where you need to follow for what happening in world cup

Hujan Deras, Sungai Ciburial Meluap Rendam Rumah Warga di Mekarsari Cibatu

0 36

Garut, Buser News

Hujan deras dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah kecamatan Cibatu, kabupaten Garut dan sekitarnya, Rabu (29/1/2020), sore. Mengakibatkan sungai Ciburial meluap dan merendam satu unit rumah warga setinggi 50 cm di Kampung Cikarag RT 02 RW 06 Desa Mekarsari.

Babinsa Desa Mekarsari dari Koramil 1105/Cibatu Serda Deni menuturkan, rumah yang terendam milik Dadan Burdana.

“Hujan deras sekali sejak pukul tiga sore, sungai Ciburial meluap, dan kebetulan posisi rumah pa Dadan di dataran rendah, air merendam rumahnya setinggi 50 senti meter,” kata Serda Deni, saat mendampingi Tim Tagana Kabupaten Garut, Satpol PP Kecamatan Cibatu, bersama Kades Mekarsari Juhdi di lokasi, Rabu, (29/1) malam.

Menurut Serda Deni, selain di Kampung Cikarag di wilayah Kampung Cigaluh RT 04 RW 05, terjadi longsor akibat tembok penahan tebing sepanjang 50 meter jebol.

“Jebolnya TPT, terdampak pada salah satu rumah tinggal warga, yang berada di lokasi atas nama pak Salim, longsoran TPT bercampur tanah lumpur menghantam rumahnya,” terangnya.

Kades Mekarsari Juhdi mengaku, kejadian banjir akibat meluapnya sungai Ciburial ini yang kedua kalinya.

Kades Mekarsari Juhdi bersama Babinsa Serda Deni dan Tim Tagana Garut usai meninjau lokasi banjir di Mekarsari.

Ini kejadian kedua, sebelumnya sama yang pertama banjir disebabkan hujan deras dan diduga bendungan Copong jebol salurannya,” kata Juhdi.

Kades Mekarsari berencana, akan membuat saluran air lebih dalam dan lebar lagi. Dengan begitu air akan tidak akan meluap kemana-mana.

Ketua FK Tagana Garut, Sana Santana mengingatkan, pada keluarga korban yang rumahnya terendam banjir, agar waspada selalu bila terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

“Khawatir, sebab rumahnya didataran rendah, takutnya kalau kejadiannya malam hari, resikonya sangat tinggi. Apalagi saat ini sedang musim hujan,” kata Sana disela-sela meninjau lokasi.(Hendrik).

Leave A Reply

Your email address will not be published.