A place where you need to follow for what happening in world cup

Peringatan Hari Sejuta Pohon Dunia, SMK As Salam Gegesik Kabupaten Cirebon, Adakan Gerakan Penanaman Pohon

0 65

Cirebon Busernews19.com

Di awal memasuki kegiatan Belajar semester genap Tahun Pelajaran 2019 – 2020, Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) As Salam Gegesik Kabupaten Cirebon, melaksanakan Program Kegiatan Peduli Lingkungan Hidup, yaitu dengan mengadakan Gerakan Penanaman Pohon di sekitar lingkungan sekolah.

Kegiatan tersebut, selain untuk menunjukkan rasa kepedulian terhadap lingkungan hidup, khususnya lingkungan sekolah, gerakan ini dalam rangka memperingati “ Hari Penanaman Sejuta Pohon Dunia “ yang puncaknya pada hari Jum’at, 10/01/2020.

Kegiatan yang melibatkan semua warga yang ada di sekolah tersebut, mulai dari Kepala sekolah, dewan guru, staf karyawan dan seluruh siswanya, merupakan tindak lanjut dari program kegiatan Duta Lingkungan Sekolah ( DLS ) yang diselenggarakan oleh Sanggar Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon.

SMK As Salam Gegesik Kabupaten Cirebon sebelumnya telah mengirimkan lima orang siswa sebagai “ Duta Lingkungn Sekolah ( DLS ) “ dalam kegiatan “ VISIONING CAMP “ yang diselenggarakan oleh Sanggar Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon.

Kegiatan tersebut diikuti oleh duta lingkungan yang berasal dari berbagai sekolah se-Jawa, ( 20 – 22 Desember 2019 ) yang lalu.
Lima siswa yang ditunjuk sebagai Duta Lingkungan Sekolah, telah mengikuti kegiatan Visioning Camp tersebut antara lain, Ahmad Tobi, Gina Askuri, Wahyudin, Wulan Ayu Tresna dan Selfi Agustiana. Mereka mendapat pembekalan dan bimbingan bagaimana kepedulian terhadap lingkungan, menyusun program-program Implementasi Plan selama 90 hari ke depan. Mereka diharapkan menjadi siswa Pelopor peduli lingkungan, yang akan menjalankan dan mengembangkan Implementasi Plan selama 90 hari ke depan, yaitu melalui Kampanye lingkungan hidup, sosialisasi peduli lingkungan, program memajukan lingkungan, dan program penanganan pemilahan sampah sampah organik dan anorganik. Pernyataan tersebut disampaikan oleh guru Pembina Duta Lingkungan Sekolah ( DLS ) SMK As Salam Gegesik Kabupaten Cirebon, Ela Julekha, S.Pd., baru-baru ini. Peringatan “ Hari Penanaman Sejuta Pohon Dunia “ di SMK As Salam Gegesik ini, diisi dengan berbagai kegiatan seperti ; Upacara pembukaan, Kampanye lingkungan hidup dan sosialisasi program dari Duta Lingkungan Sekolah ( DLS ) dan dari Sanggar lingkungan hidup Kabupaten Cirebon. Dan kegiatan ini diakhiri dengan gerakan Jum’at Bersih ( Jumsih ) serta Penanaman berbagai jenis tanaman di sekitar lingkungan sekolah.

Adapun jenis tanaman yang ditanam seperti jenis tanaman rindang, tanaman bunga, tanaman obat apotek hidup dan tanaman dapur.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakasek Bidang Kesiswaan SMK As Salam Gegesik, Kadulo, S.Pd. dan dihadiri oleh tim Sanggar Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon.

Dalam sambutannya Kadulo menyampaikan bahwa, kegiatan ini tidak akan berjalan, tanpa mendapat dukungan dari segenap komponen yang ada di sekolah ini. Siswa SMK bukan hanya dibekali dengan kemampuan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai komptensi keahliannya, akan tetapi perlu juga dibekali rasa tanggung jawab kepedulian terhadap lingkungannya. Oleh karena itu kami mengajak kepada semua warga sekolah, baik dewan guru maupun seluruh siswanya, mari kita dukung kegiatan positif ini, demi kemajuan sekolah kita.

Lebih lanjut Kadulo menyampaikan, kegiatan ini haruslah berkelanjutan dan berkesinambungan, jangan hanya sekedar “ obor blarak “ yang sifatnya sementara, tuturnya.
Sementara itu, Ahmad Tobi sebagai ketua DLS sekolah, dalam kampanyenya mengajak kepada teman-temannya untuk tetap semangat dan bekerjasama dengan baik dalam menjalankan program-program lingkungan hidup di sekolah, Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan peduli terhadap lingkungan sekolah ini. Semoga kegiatan yang positif ini diikuti oleh sekolah-sekolah lainnya.
( Wahab / Taufik )

Leave A Reply

Your email address will not be published.