A place where you need to follow for what happening in world cup

PRA MUSRENBANG KECAMATAN KALIWEDI, TAMPUNG ASPIRASI MASYARAKAT

0 38

Cirebon Busernews19.com

Jajaran Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon, menggelar Pra musyawarah rencana pembangunan ( Musrenbang) Tahun anggaran 2020, yang dilaksanakan di Aula kecamatan, Rabu, (05/02)

Pra Musrenbang tingkat kecamatan kaliwedi yang dipimpin langsung oleh Camat Kaliwedi Drs. H. Dedi Susilo, MM, beserta Kasi Ekbang Kecamatan Kaliwedi H. Amin, SIP, didampingi Kapolsek AKP. H. Kentar A.Sik., dan perwakilan Danramil Gegesik-Kaliwedi Serka H. Rokhmat.

Selain dihadiri olehMuspika juga dihadiri oleh Para Kuwu, ketua BPD, ketua LPMD, Pendaping Desai, kepala UPT, kepala KUA, dan Puskesmas serta perwakilan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya Camat Dedi, menyapaikan kepada peserta rapat bahwasanya Pra Musrenbang tingkat kecamatan ini, menampung segala aspirasi masyarakat yang berasal dari Musyawarah tingkat dusun (Musdus) dan Musrenbang tingkat desa.

Menurut Camat Kaliwedi Dedi, mengatakan,”Setiap usulan dan aspirasi dari tiap-tiap desa nanti akan diinventaris dan diperipikasi, serta dilakukan penginputan dan nantinya akan dibawa dalam Musrenbang kecamatan Kaliwedi yang akan dilaksanakan pada senin (20/02)mendatang.

“Setelah itu, usulan dan masukan dari tiap-tiap desa itu akan ditampung dan diinventaris melalui kecamatan, selanjutnya akan dilanjutkan kepada pihak terkait, dalam hal ini OPD-OPD terkait yang ada dikabupaten Cirebon,”Ungkap Camat kaliwedi Dedi.

Mengenai sumber anggaran yang dipaparkan adalah berasal dari Pagu Indikatip Kecamatan (PIK) dan Pagu Indikatip Sektoral (PIS), juga dari Bantuan Provinsi maupun dari Dana Aspirasi melalui anggota Dewan baik Kabupaten maupun Provinsi.

Camat Dedi juga menginformasikan bahwa di tahun anggaran 2020 ini Kecamatan Kaliwedi mendapat Pagu Indikatip Kecamatan (PIK) murni sebesar Rp. 2.125.100.000,- yang direalisasikan 60 persen untuk pembangunan fisik/infrastruktur, 25 persen pengembangan ekonomi dan 15 persen sosial budaya.

H. Amin, SIP selaku Kasi Ekbang Kecamatan Kaliwedi, memaparkan,” Laporan realisasi pelaksanaan pembangunan diantaranya Pengaspalan jalan, rabat beton, Penyenderan saluran (TPT), Penerangan Jalan Umum (PJU), dan Pembuatan WC di dua sekolah (program UKS), semua itu telah menjadi skala prioritas,”tutur kasie Ekbang kecamatan Kaliwedi H. Amin, S.I.P.

Dalam acara pra musrenbang, masing-masing Kepala UPT diberi kesempatan untuk melaporkan realisasi kegiatan, juga menyampaikan rencana program kegiatan selanjutnya.

Acara Pra Musrenbang tingkat Kecamatan Kaliwedi ini makin hidup ketika memasuki sesi lain-lain yang diisi dengan usulan-usulan dan masukan serta kritik dari para kuwu dan Ketua BPD, terkait dengan skala prioritas titik-titik/lokasi pembangunan.
Terutama yang menjadi sorotan peserta musyawarah adalah masalah Drainase/ Pembuangan air di jalan utama depan kecamatan, apalagi saat musim penghujan.

Harapan dari semua yang hadir dalam pra musrenbang, semoga dengan kegiatan pra musrenbang ini, segala usulan, masukan, kritik dan saran dari peserta dapat ditetapkan kedalam Musrenbang kecamatan, dan akan ditindak lanjuti oleh pihak terkait

( Kadulo / Surya W. )

Leave A Reply

Your email address will not be published.