A place where you need to follow for what happening in world cup

Melihat Keseruan Perayaan Cap Go Meh di Kota Cirebon YANG DI HADIRI LASKAR AGUNG MACAN ALI KESULTANAN CREBON

0 251

Cirebon,  Busernews19.com

Perayaan Cap Go Meh di Kota Cirebon, Jawa Barat berlangsung meriah. Ribuan warga tumpah ruah di sepanjang Jalan Pasuketan, sekitar kawasan cagar budaya gedung British American Tobacco (BAT), Sabtu (08/02).

Salah satu peserta kirab atau karnaval perayaan Cap Go Meh menggotong usungan melintas di depan warga, Sabtu (08/02) .

Cap Go Meh merupakan perayaan yang melambangkan hari ke-15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa di seluruh dunia.

Antusias warga dalam menyaksikan peryaan Cap Go Meh sangat tinggi, terlihat dari membludaknya warga yang ingin menyaksikan perayaan Cap Go Meh dan rela menanti dari pukul 10.00 WIB. Padahal perayaan sendiri digelar mulai pukul 13.00 WIB. Meski karnaval berlangsung pada pukul 13.00 WIB.

Dalam perayaan Cap Go meh dikota Cirebon, ditampilkan kebudayaan khasnya yaitu brongsai, liong (naga) hingga cosplay yang menggambarkan para dewa turut meramaikan barisan karnaval.

Perayaan Cap Go Meh kali ini hadiri dari pihak keraton yang di kawal oleh pasukan khusus laskar agung macan ali yg di pimpin langsung panglima tinggi laskar macan ali yaitu MAMO PRABU DIAZ.
Hingga suasana tambah meriah.

Menurut Abdurahman, salah seorang warga yang menyaksikan perayaan Cap Go Meh, menuturkan,” Ini sangat menarik sekali dan warga pun merasa terhibur dengan adanya karnaval Cap Go Meh dikota Cirebon ini, yang lebih menarik dalam karnaval ini adanya pihak keraton yang turut serta mengikuti kirab ini,”jelasnya.

“Saya pun menyaksikan bersama keluarga, karena kirab atau karnaval ini terselenggara satu tahun sekali, jadi sangat disayangkan bila terlewati. Apali dengan umat dari vihara dan klenteng ikut meramaikan dengan menggotong KIO atau usungan yang didalamnya ada arca para dewa,’Tandas Abdurohmah warga Sumber Kab. Cirebon.( wahyu wijaya)

Leave A Reply

Your email address will not be published.