A place where you need to follow for what happening in world cup

Pemkab Cirebon Tidak Peduli Sampah, Pemdes Gegesik Kidul Sediakan Mesin Incinerator

0 139

Cirebon BuserNews19.com, –  Persoalan sampah memang kerap menjadi Problematika dan sulit terpecahkan, bahkan saat ini telah meramba di wilayah pelosok desa, hal tersebut dikarenakan minimnya kesadaran masyarakat dan kurangnya rasa peduli akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar.

Pemandangan seperti itu tampak jelas terlihat di jalan antara Gegesik – Kaliwedi, yang selalu dipenuhi oleh tumpukan sampah, tepatnya di Blok Kiwerga Desa Gegesik Kidul  Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon. Tumpukan sampah yang berceceran dipinggir jalan hingga ke bibir sungai ciwaringin.

Tumpukan sampah itu diperkirakan sudah terjadi bertahun-tahun dan seolah -olah dibiarkan, akibatnya sampah di TPS bayangan itu semakin hari semakin menumpuk, apa lagi sekarang ini sedang memasuki musim penghujan, sampah pun menimbulkan bau yang tidak sedap, dan berdampak dapat menyumbat saluran air.

Kuwu Gegesik Kidul H.Rakhmat, melalui Jurutulis/Sekdes Suleman, saat dikonfirmasi awak media membenarkan,” Lokasi TPS Blok Kiwarga itu sudah sejak lama menjadi tempat pembuangan sampah, namun dibiarkan menumpuk begitu saja. Karena tidak ada petugas pengangkut sampah, dan mengakibatkan tumpukan sampah melebihi batas wajar,” Ungkap Sekdes Gegesik Kidul.

Lebih lanjut, Suleman menjelaskan,”Sampah-sampah itu bukan hanya berasal dari warga gegesik kidul saja, melainkan banyak warga luar yang membuang sampah dilokasi itu, bahkan hampir dua kecamatan yang membuang sampah ke lokasi itu,” Ujar Sulaeman.

Kini tumpukan sampah yang semakin melebar, hingga saat ini belum ada kepedulian dari pemerintah untuk mengangkut sampah-sampah itu. Padahal sampai itu bisa mengakibatkan sumber berbagai penyakit, dikarena hampir dekat dengan perkampungan.

Pemerintah Desa gegesik kidul sangat berharap kepada pemerintah kabupaten cirebon agar secepatnya ditanggapi, karena persoalan sampah dilokasi TPS itu, tahun lalu pemdes sudah membuat laporan terkait persoalan sampah tersebut, tapi hinnga kini belum ada realisasi.

Sementara itu, Kuwu Gegesik Kidul, H. Rakhmat, yang didampingi Mandor Sakriya dan Kasi Ekbang Karyina, saat ditemui awak media, di lokasi TPS Jumat, (28/02), menjelaskan bahwa, ” Guna menanggulangi dan mengatasi persoalan sampah di TPS milik Cipta Karya (PU) yang letaknya di Blok Kiwarga Desa Gegesik Kidul, Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon, Pemerintah Desa (Pemdes) Gegesik Kidul berinisiatif akan mengadakan sebuah alat Incinerator (Alat / mesin Pembakaran Sampah),”Katanya.

Rencana Pemdes Gegesik Kidul dalam upaya mengatasi Persoalan sampah dilokasi setempat. Dengan mengadakan alat incinerator sudah di musyawarahkan bersama pihak pemerintah Kecamatan Gegesik. Selain itu juga untuk pengoperasian alat mesin tersebut, akan ada petugas khusus yang akan mengoprasikan mesin pembakaran sampah.

TPS milik Cipta Karya yang sudah ditutup itu namun masih dipergunakan oleh masyarakat, sudah selayaknya menjadi perhatian pemerintah kabupaten Cirebon. Untuk itu pemerintah sudah selayaknya memberikan perhatian ekstra terhadap penanganan sampah di TPS milik Cipta Karya. ( Kadulo & Tim )

Leave A Reply

Your email address will not be published.