A place where you need to follow for what happening in world cup

Kompleks Makam Sunan Gunung Jati Ditutup, Ratusan Pedagang Bakal Merugi

0 90

Kab. Cirebon, BusetNews19.com- sejak di tutupnya kompleks pemakaman Sunan Gunung Jati, oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon dan pihak keraton,Senin kemarin, berdampak pada ratusan pedagang yang biasa menjajakan dagangan di lokasi itu.

Terlebih pada minggu ini, ada tradisi malam Jumat kliwon, yang biasanya ribuan, bahkan ratusan ribu peziarah akan mendatangi kompleks salah satu wali dari 9 wali di tanah Jawa ini.

Seperti yang dialami oleh Nunung, salah satu pedagang di kompleks pemakaman Sunan Gunung Jati, dia mengatakan, adanya pemberitaan tentang virus corona yang ramai dibicarakan sejak beberapa hari lalu, yang berdampak pada rencana penutupan telah berdampak pada penghasilan dagangan.

“Omset jualan menurun karena peziarah juga sepi sekali, apa lagi nanti kalau ditutup sementara, kami makan dari mana, sedangkan baru issu virus corona pun sudah berdampak yang cukup lumayan terhadap penurunan omset dagangan saya” ujar Nunung saat ditemui BuserNews rabu (18/03).

Dikatakan Nunung,”pada minggu ini ada moment yang menurut sebagaian masyarakat sakral yakni malam Jumat kliwon, biasanya kalau malam jumat kliwon, ratusan ribu pejiarah akan datang untuk berziarah ke Makam Sunan Gunang Jati. Kalau kliwonan biasanya omset penjualan lumayan dan banyak juga pedagang yang mencari rezeki dari peziarah,” katanya.

Sementara itu, Kuwu Desa Astana Nuril Anwar mengatakan,”Pada setiap malam Jumat kliwon, perputaran uang di sekitaran Kompleks Sunan Gunung Jati, bisa mencapai Rp 1 miliar, dari pedagang yang mencapai 500 pedagang lebih., belum dari yang lainnya. Seperti parkir dan sebagainya jumlahnya bisa mencapai Rp 1 miliar,” katanya.

Nuril mengimbau kepada para pedagang dan warga Desa Astana, khususnya untuk mengikuti intruksi dari Pemerintah Kabupaten Cirebon agar menutup sementara kompleks Makam Sunan Gunung Jati ini. “Walau bagaimanapun ini sudah menjadi keputusan bersama, semoga permasalahan ini bisa secepatnya teratasi,” tambahnya.

Penulis   : Wahyu Wijaya

Reporter : Busernews19.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.