A place where you need to follow for what happening in world cup

Cegah Covid-19 Desa Karagsari kembali Lakukan Penyemprotan Desinfektan

0 40

CIREBON BuserNews– Maraknya virus covid-19, yang membuat resah dialangan dunia, maka dari itu diberbagai daerah diIndonesia mulai diupayakan pencegahan.

Himbauan pun telah dilakukan oleh Pemerintah baik Pusat maupun Daerah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) karangsari, Kecamatan weru Kabupaten Cirebon, senin (20/04) yang melakukan penyemprotan desinfektan di 6 RW, sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus corona,

Kuwu Desa Karangsari Nasrudin S.Kom melalui Sekdesnya, mengatakan, Pemerintah Desa Karangsari melakukan penyemprotan desinfektan sebagai salah satu bentuk upaya pencegahan penyebaran virus corona di wilayah Desa Karangsari .

“Sesuai dengan surat edaran Bupati kemarin menyebutkan, bahwa setiap pemerintah desa harus melaksanakan kegiatan penyemprotan desinfektan untuk pencegahan awal penyebaran virus corona, maka Desa karangsari Senin, (20/04) melakukan penyemprotan desinfektan di 6 RW,” ungkapn Sekdes Karangsari saat dihubungi Selasa (20/04).

Ia pun mengungkapkan, Pemerintah Desa Karangsari sangat antusias dalam melakukan pencegahan covid-19, apalagi desa Karangsari merupakan desa yang terletak di tengah kota yang dilalui berbagai akses .

Sedangkan penyemprotan desinfektan dilaksanakan di masjid, musholah, sekolah, dan tempat-tempat lain yang biasa dijadikan perkumpulan warga, serta rumah-rumah warga yang ada di desa Karangsari.

“Apalagi Desa karangsari dari segi geografis terletak di jalur kawasan dan para pengrajin rotan sehingga sangat rentan sekali untuk penyebaran covid-19, sekarang pum masih banyak yang hilir mudik, oleh karena itu Pemdes Karangsari melakukan penyemprotan desinfektan sebagai salah satu upaya konkrit untuk melindungi warga kami,” ujarnya.

Ditambahkannya, bagi warganya yang baru datang dari luar kota, terutama dari kota Jakarta ataupun kota-kota yang rentan terjadinya penyebaran covid-19, yang baru datang dari luar kota, langsung disemprot dan diberikan arahan terkait pencegahan covid-19, supaya tidak terjadi penyebaran bila ada yang terjangkit covid-19.

“Dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan covid-19, Pemdes Karangsari ke depannya akan selalu tetap berkoordinasi dengan Muspika weru dan Dinas Kesehatan yakni UPT Kesehatan atau Puskesmas weru selaku yang membidangi tentang kesehatan dan mengerti tentang kesehatan.

“Kemarin juga ada rencana pemulangan santri dari Ponpes di desa kami, dan kami juga tetap berkoordinasi agar pencegahan bisa dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan edaran Bupati Cirebon,” tambahnya.

Sementara itu, Suleman salah satu warga Desa Karangsari mengatakan, dengan adanya penyemprotan desinfektan dari pihak desa Karangsari sangat mendukung dan mengapresiasi atas tanggapnya Pemerintah Desa Karangsari terhadap penyebaran covid-19.

“Semoga warga Desa karangsari tidak ada yang terjangkit oleh penyebaran covid-19, selain itu, dengan adanya penyemprotan desinfektan dari pihak desa Karangsari diharapkan dapat mencegah ataupun menghambat penyebaran virus covid-19.

” Dan apabila ada warga desa Karangsari yang baru datang dari luar kota yang rawan terjangkit penyebaran virus covid-19, Pemdes Karangsari cepat tanggap dan melakukan penyemprotan serta pendataan warga desa Karangsari yang baru datang dari luar kota sebaiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu apakah hal terbebas dari virus tersebut atau seperti apa, agar tidak menyebar ke warga yang lain,” Jelasnya,
PENULIS : WAHYU WIJAYA & TUNIA
REPORTER : Busernews19.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.