A place where you need to follow for what happening in world cup

Cegah Covid-19 & Sigap Bencana Kuwu Prajawinangun Wetan Kaliwedi, Turun Bongkar Sampah DI Kolong Jembatan

0 94

CIIREBON, Busernews19.com-Sebagai bentuk nyata rasa kepedulian dan tanggung jawab sebagai seorang pemimpin, selain kegiatan cegah penyebaran Covid-19, Kuwu Prajawinangun Wetan Kec. Kaliwedi Kab. Cirebon Sutarno, juga satu sosok pemimpin yang patut diacungi jempol.

Pasalnya ditengah-tengah maraknya pandemi penyebaran Covid-19 dan masa pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayahnya, Kuwu Sutarno turut terjun langsung melakukan giat pembongkaran gundukan sampah di aliran Sungai Ciwaringin, yang nyangkut ditiang penyanggah yang berada di kolong jembatan penghubung dua desa, yakni Desa Prajawinangun Wetan dengan Desa Kalideres, Minggu (10/05).

Giat bhakti sosial pembersihan sampah yang dilaksanakan secara rutin setiap pekan, apalagi beberapa hari sebelumnya telah terjadi hujan, hingga banyak sampah kiriman pada aliran sungai itu, hingga mengakibatkan bertumpuknya sampah disungai itu.

Dalam kegiatan itu turut hadir juga Kaur Ekbang (Raksabumi) Artija, Kaur Keuangan Rusmanto, dan perangkat desa lainnya serta beberapa relawan masyarakat desa setempat.

Saat dihubungi awak media BuserNews19.com, disela-sela kegiatannya Kuwu Sutarno menjelaskan, “ Saya turun langsung dalam kegiatan bersih-bersih secara rutin mingguan ini, tidak lain untuk memberi contoh kepada jajarannya dan kepada masyarakat,”jelasnya.

“Selain itu juga saya memberi motivasi kepada warga dan perangkat desa betapa pentingnya mencegah terjadinya bencana banjir, yang diakibatkan banyaknya sampah kiriman pada aliran sungai. Maka dari itu perlu adanya penanganan ekstra, Jadi lebih baik mencegah, dari pada terjadi bencana,”Ungkap Kuwu Sutarno.

Penanganan masalah sampah, menjadi skala prioritas dalam Rencana pembangunan dalam anggaran desa Prajawinangun Wetan tahun ini.

Terkait dengan adanya pemberlakuan PSBB wilayahnya, Kuwu Sutarno menyampaikan terima kasih kepada jajaran Satgas Covid-19 desa Prajawinangun Wetan yang selalu sigap melakukan berbagai kegiatan sesuai petunjuk dan instruksi pemerintah, juga kepada masyarakat dengan penuh kesadaran dalam mentaati imbauan dan seruan dari pemerintah.

Hal senada juga disampaikan Ketua BPD Prajawinangun Wetan, Damiri, “ Memang benar kegiatan Bhaksos pembersihan sampah sepanjang aliran sungai ini secara rutin dilakukan tiap pekan dan merupakan agenda kegiatan mingguan jajaran perangkat Desa Prajawinangun Wetan. Semoga saja dengan kegiatan ini untuk memotivasi kesadaran masyarakat, betapa pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan, serta mencegah terjadinya bencana yang tidak diinginkan, pungkasnya.

PENULIS     : KADULO & TIM

REPORTER : Buser News 19.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.