A place where you need to follow for what happening in world cup

Aksi Massa GMBI Setia Bela Pancasila Desak DPRD Sumedang Tolak RUU HIP

0 44

SUMEDANG, Buser news 19.com Keluarga Besar Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) gelar aksi damai di depan Gedung DPRD Kabupaten Sumedang, meminta kepada Anggota Dewan untuk menyampaikan penolakan sekaligus pencabutan Rancangan Undang – Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) kepada DPR RI. Selasa, (30/06).

Ribuan massa yang dipimpin oleh Yudi T. Sunardja, S.E., (Ketua LSM GMBI DPD Distrik Sumedang) sebagai korlap aksi menyuarakan bahwa Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum sebagai dasar dan ideologi sekaligus filosofis negara sehingga setiap materi muatan peraturan perundang-undangan tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Sesuai dengan pembukaan UU Dasar 1945 pada alenia keempat Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Adapun beberapa hal yang disampaikan langsung dihadapan Anggota DPRD Kabupaten Sumedang terkait dengan keberadaan RUU HIP dintaranya sebagai berikut : “Setia Bela Pancasila sebagai wujud memperkokoh rasa persaudaraaan sekaligus alat perekat dan pemersatu bangsa dalam berpikir, berprilaku serta berkomitmen melangkah mempertahankan NKRI yang menjadi harga mati, Bahwa RUU HIP telah mendapat reaksi dari seluruh komponen anak bangsa bukan hanya ditunda akan tetapi harus dicabut proses legislasinya.

“Bahwa RUU HIP dengan tidak mencantumkan keberadaan TAP MPRS Nomor : XXV/MPRS/1966 tentang Pembubaran Partai Komunis Indonesia, pernyataan sebagai organisasi terlarang diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia bagi Partai Komunis Indonesia dan larangan setiap kegiatan untuk menyebarkan atau mengembangkan faham atau ajaran Komunis/Marxisme-Leninisme, Bahwa RUU HIP terdapat pasal-pasal yang bertentangan dengan ideologi bangsa dengan adanya upaya memeras Pancasila menjadi Trisila dan Ekasila.” Tegas Korlap Aksi.

Dihadapan massa GMBI, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Ilmawan Muhamad menyampaikan terimakasih dan akan menyampaikan secepatnya segala tuntutan kepada Pemerintah Pusat.

Pada saat LSM GMBI melakukan aksi tersebut dilaksanakan dengan tertib dan damai serta mendapat penjagaan ketat dari aparat Kepolisian dan Satpol PP Kabupaten Sumedang.

PENULIS    :    Mansyur Syaefudien BA

REPORTER:    Busernews19.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.