A place where you need to follow for what happening in world cup

H. Mamun : Pertanian Harus Modern, BUMDES Harus terlibat 

0 10

KAB. BANDUNG, Busernews19.com-Anggota DPRD Kabupaten Bandung dari Fraksi Partai Gerindra, H. Mamun Irawan berharap agar badan usaha milik desa ( bumdes ) di desa – desa untuk berperan aktif dalam meningkatkan produktivitas hasil pertanian maupun hasil perkebunan.

” Salah satu peran aktifnya bumdes tersebut yaitu bumdes harus mampu menjadi penyuplai pupuk maupun bibit bagi para petani”.

Hal tersebut disampaikannya kepada para awak media, seusai pelaksanaan reses masa sidang III tahun 2020 di Desa Drawati Kecamatan Paseh. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gor Desa Drawati, Kamis, ( 09/07).

Tidak itu saja, bumdes juga harus mampu menampung dan membeli hasil pertanian maupun hasil perkebunan dari masyarakat dengan harga yang sesuai. Ungkap H. Mamun Irawan , yang saat ini duduk di komisi B.

Sementara itu Kepala Desa Drawati Dadang Jukarsa mengatakan Desa Drawati Kecamatan Paseh merupakan salah satu desa di Kabupaten Bandung yang sebagian besar wilayahnya merupakan daerah pertanian dan perkebunan.

Pada kesempatan tersebut, Kades Drawati periode 2019-2025 berharap kepada kepada pemerintah baik itu pemerintah pusat, pemerintah provinsi Jawa Barat maupun Pemerintah Kabupaten Bandung, agar sarana pendukung sektor pertanian dan perkebunan dalam hal ini “infrastruktur jalan” harus mantap.

Karena dengan kondisi jalan yang refresentatif/ bagus “Insyallah akan mempercepat mobilisasi hasil pertanian maupun hasil perkebunan dijual ke pasar. Terangnya.

Selain itu, pemerintah dan bank – bank milik pemerintah, bisa memberikan permodalan / kredit kepada bumdes. Ujarnya

Dan yang terakhir harap Dadang Jukarsa, yaitu Pemerintah harus menjembatani, kerjasama antara para petani melalui bumdes, dengan perusahaan / pabrik yang mengelola hasil pertanian. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya agar harga jual hasil pertanian bisa stabil sehingga akan bermuara kepada peningkatan ekonomi masyarakat. Pungkasnya.

PENULIS      :    REDAKSI

Leave A Reply

Your email address will not be published.