A place where you need to follow for what happening in world cup

Forum Ketua BPD Kab. Cirebon Silaturahmi Kepada Anggota DPRD Komisi I

0 363

CIREBON, Busernews19.com- Sebanyak 21 anggota Forum Ketua BPD Kabupaten Cirebon, yang mewakili 11 kecamatan dari wiayah timur, bersilaturahmi ke Anggota DPRD Komisi I Bidang Pemerintahan Desa, pada Hari Minggu (23/08).

Kegiatan silaturahmi ini, diterima langsung dan terbuka oleh Anggota DPRD Komisi I Bidang Pemerintahan Desa, Hasan Bashori, di Saung Aspirasi Masyarakat (Saung Asmara) miliknya, di Desa Gemulung Lebak, Kecamatan Greget Kab. Cirebon.

Kegiatan Silaturahmi ini merupakan tindak lanjut dari agenda kegiatan Forum Ketua BPD Kab. Cirebon pada acara Halal Bihalal, dengan jajaran Pemerintah Kab. Cirebon, DPMD dan DPRD, yang digelar di GOR Desa Dawuan Kec. Tengah Tani, beberapa waktu yang lalu.

Dalam giat silaturahmi dengan anggota Komisi I ini, Perwakilan Forum Ketua BPD, memanfaatkan moment ini untuk berdiskusi, saling menyampaikan aspirasi, usulan dan harapan, terkait sekitar permasalahan pemerintahan desa dan kemasyarakatan.

Kepada awak media Busernews19.com, H. Ibnu Katsir, salah satu perwakilan Forum Ketua BPD wilayah timur mengatakan, “ Ada 8 poin materi yang disampaikan dalam diskusi tersebut, yaitu, masalah Kesejahteraan BPD di Kab. Cirebon yang tergolong masih rendah,”Jelasnya.

” Bahkan Untuk tahun sekarang sampai sudah masuk minggu ke tiga bulan Agustus 2020, masih ada BPD yang belum menerima honor, kurang lebih ada 40 BPD yang tersebar di desa yang ada di kab. Cirebon,”katanya.

Karena ada kebijakan Pemerintah Desa dalam hal ini Kuwu, yang sering tidak koordinasi dengan BPD, terutama yang menyangkut kepentingan masyarakat.

Masalah Pengangkatan dan pemberhentian Perangkat Desa, tidak musyawarah atau tidak meminta pertimbangan BPD, sehingga mengundang polemik dari berbagai kalangan di masyarakat.

Serta masih banyak Pemerintah Desa yang otoriter dalam mengambil keputusan desa, dan pada dasarnya masih ada beberapa desa yang bermasalah hasil Pilwu 2019, dan berurusan dengan pihak yang tidak puas di pengadilan.

Dalam hal ini juga Forum Ketua BPD akan mendorong DPMD dalam menyusun Perda dan Perbup yang berkaitan dengan desa, dengan harapan selalu melibatkan BPD.

Mendorong DPMD agar menyelenggarakan pelatihan/pembinaan tentang Penguatan lembaga BPD melalui dana Pemda, agar wadah BPD seperti asosiasi, dikompakkan secara solid dan penguatan lembaga BPD agar benar-benar solid.

Dalam pertemuan itu Anggota DPRD Komisi I Bidang Pemerintahan Desa, Hasan Bashori, menjelaskan,” banyak terima kasih kepada Perwakilan Forum Ketua BPD Kab. Cirebon, atas kunjungan silaturahminya, saya selalu terbuka menerima segala aspirasi, usulan, serta masukan dari masyarakat, dan siap mengakomodirnya,” Jelasnya.

” Atas semua usulan dan curhatan dari perwakilan Forum Ketua BPD, dalam rangka menguatkan pelayanan di masyarakat dan mensinergiskan pemerintahan desa, kita perlu sepaham dan sependapat,” Tandas Hasan Bashori.
PENULIS : KADULO & TIM
REPORTER : Busernews19.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.