A place where you need to follow for what happening in world cup

Seren Tahun Kesatuan Adat Cisitu Desa Situmulya Disambut Berbagai Kalangan

0 320

Lebak, Busernews19.com,- Kesatuan sesepuh adat cisitu banten selatan, desa situmulya kecamatan cibeber, kembali menggelar kebiasaan rutin tahunan tradisi seren tahun cisitu 2020, Yang berlangsung ditempat lembaga adat kasepuhan cisitu kampung sukatani desa situmulya kecamatan cibeber kabupaten lebak provinsi banten. Dengan tema “Reureuh Bari Mikir Narawang Lampah Nu Bakal Disorang”, yang dipimpin langsung oleh ketua adat Olot HM Okri.

kegiatan acara seren tahun ini di laksanakan selama tujuh hari tujuh malam terhitung mulai tanggal 24 agustus 2020, sampai 31 agustus 2020. Dalam rangkaian pelaksanaan acara salah satunya, Jatnika tutup buka tahun sani bulan, dan memeriahkan adat cisitu, serata acara ke agamaan berupa tahlilian, berikut Jatnika memotong hewan kerbou, sampai upacara penyimpanan padi kegubug lumbung padi, yang di sebut bahasa sundanya ( Leuit ).

Dalam rangka acara kebiasan rutin tahunan tradisi seren tahun Cisitu ini, yang turut hadir diantaranya, ketua adat Olot HM Okri, sekretaris lembaga adat kesepuhan cisitu, H.Yoyo Yohenda, berikut anggota DPR-RI komisi III, H.Ade Rosi Khoerunisa,S.Sos.M.Si. serta wakil gubernur banten H.Andika Hazrumi,S.Sos.M.A.P. Dan H.Endoh Mahpudoh,S.Pdi.M.Si. Selanjutnya dihadiri para tamu undangan masyarakat dipendopo adat kesepuhan Cisitu. Sehingga acara tersebut di lakulan secara sakral dan hidmat.

Menurut keterangan H. Yoyo Yohenda sekretaris lembaga adat kasepuhan cisitu yang juga anak kandung kasepuhan ketua Olot HM Okri dalam sambutannya memaparkan,” Bahwa adat dan tradisi warisan nenek moyang terdahulu harus kita jaga bersama sebagai wujud bhineka tungal ika, seperti yang di amanatkan para pendiri negri ini namun harus bersinergi dengan pejabat penyelenggaraan negara, dan mengedepankan sipat toleransi serta saling menjaga saling mengisi, saling melengkapi, paparnya Sabtu (29/08).

Berikut harapan saya agar pada tahun anggaran 2021 supaya pemerintah provinsi banten dapat merealisasikan usulan renovasi “rumah gede ” kasepuhan cisitu yang telah di lakukan pervikasi dan visitasi lapangan oleh team dari dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi banten pada bulan yang lalau. Selain itu juga pemda banten segera membangun jembatan yang roboh akibat terbawa arus banjir pada desember 2019 yang lalau dan segera melanjutkan sisa pembangunan hotimik jalan sampai tuntas ke perkampungan cisitu,Ungkapnya H.Yoyo Yohenda.

Dan Alhamdulillah pendopo ini, hasil bantuan dari pemerintah, pak wagub juga sudah membantu dan memperbaiki jalan. Semoga pademi ini segera selesai jadi pembangunan terutama jembatan sebagai akses utama kita dapat segera dibangun,” pungkasnya, H.Yoyo Yohenda sekretaris lembaga adat kesepuhan Cisitu.

Sementara kata, H.Ade Rosi Khoerunisa, Anggota komisi III DPR-RI mengatakan,” Bahwa setiap tahunnya Pemerintah Provinsi Banten selalu memberikan perhatiannya terhadap masyarakat adat salah satunya Kasepuhan Cisitu,

Namun pada tahun ini karena terjadi bencana Pandemi Covid-19 maka dilakukan refocusing anggaran. Dan InsyaAllah kita berdoa agar Covid-19 segera berakhir, sehingga 2021 pembangunan dapat kembali, jalannya bagus, jembatan nya bagus, imah gede kita dorong agar dapat sesuai harapan,” jelasnya, Anggota DPR-RI komisi III provinsi Banten.

H. Yoyo, juga Mengucapkan terimakasih karena Pemerintah dalam hal ini Pemerintah Provinsi Banten telah memberikan perhatian setiap tahunnya kepada masyarakat adat Desa Cisitu. Dan ia juga minta curhat warga Adat Kasepuhan Cisitu menjadi pertimbangan bagi mengambil kebijakan.

PENULIS       :   M.UKI

REPORTER   :   Busernews19.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.