A place where you need to follow for what happening in world cup

Warga Cirebon Nekad Buka Peti Mati Pasien Covid-19, Isinya Mengejutkan

0 356

Cirebon,  BuserNews 19.com-
Sebelumnya, beredar video belasan warga menolak jenazah pasien Covid-19 dikebumikan secara protokol kesehatan. Warga menarik paksa peti jenazah yang hendak dikebumikan itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni mengatakan pihaknya akan menelusuri video viral warga yang memaksa membuka peti mati pasien Covid-19.

Saya sudah melihat rekamannya, jenazah dikafani kok. Kalau aturannya memang begitu. Disemprot dulu, terus dikafani, disemprot lagi. Kemudian disholatkan oleh petugas pemulasarannya,” katanya, Senin (5/10).

Menurutnya, pasien yang berinsial NS itu sempat menjalani perawatan intensif di RSD Gunung Jati Kota Cirebon sejak tanggal 29 September kemarin. Namun, pada hari Sabtu (3/10/2020).

“Kabar meninggalnya pasien Covid-19 itu, kami langsung memberitahukan ke pihak Puskesmas Kecamatan Gunung Jati, kepada kuwu (kepala desa, Red) setempat dan pihak keluarga. Karena keluarga keberatan dikubur malam, maka diambil keputusan, jenazah dikubur pada hari Minggu (5/10/2020),” katanya.

“Mengenai warga yang hadir dan membuka peti, besok kami akan rapatkan,” ujar Enny Suhaeni

Sebelumnya, beredar video belasan warga menolak jenazah pasien Covid-19 dikebumikan secara protokol kesehatan. Warga menarik paksa peti jenazah yang hendak dikebumikan itu.

Petugas pemulasaran dari RSD Gunungjati Kota Cirebon tak mampu membendung warga yang jumlahnya lebih banyak dari mereka.

Saat warga membuka peti jenazah tersebut, warga dan keluarga terkejut. Pasalnya jenazah yang diketahui warga Blok Parid, Desa Gunungjati itu terlihat baju dan pempers masih menempel di jenazah pria itu.

Pemandangan itu, membuat warga dan keluarga jenazah pria yang belum diketahui namanya itu murka dan langsung membawa pulang jenazah itu ke rumah duka untuk dimandikan dan dishalatkan.

Menanggapi hal ini, Enny mengatakan pemulasaran jenazah sudah sesuai prosedur protokol kesehatan.

“Saya sudah tanyakan ke Dr Riza yang menangani hal itu, pemulasarannya sudah sesuai prosedur protokol kesehatan,” tandasnya.

PENULIS       :   WAHYU WIJAYA

REPORTER   :   Busernews19.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.