A place where you need to follow for what happening in world cup

Longsor Menutup Akses Jalan Di Kecamatan Cibinong Cianjur

0 64

Cianjur,Busernews19.com,-

Tebing setinggi 100 meter di Desa Cikangkareng Kecamatan Cibinong Cianjur Jawa Barat, longsor menutup akses jalan,akibatnya akses kendaraan terputus dan beberapa rumah warga terancam.

Longsor di Kampung Sinarpajar Desa Cikangkareng terjadi sekitar pukul 06.00 Wib.Minggu (6/12/2020).

Korcam Retana Cibinong Indra mengatakan” longsor terjadi secara tiba-tiba, bahkan sebelumnya tidak ada hujan deras atau pemicu lainnya.

“Tidak hujan sebelumnya, tapi karena kondisi tanahnya labil, tebing setinggi 100 meter di Kampung Sinarpajar longsor dan menimbun jalan,” ujarnya.

Menurut Indra ” material longsoran menutup seluruh badan jalan kabupaten yang menghubungkan Kecamatan Cibinong dan Cikadu.

Ketebalan longsoran bahkan mencapai 7 meter dengan panjang 30 meter.

“Tidak ada korban jiwa, karena jalan sedang sepi. Tapi longsor membuat jalan tertutup total dan tidak bisa dilalui kendaraan, baik itu mobil ataupun sepeda motor,” katanya.

Selain menutup jalan, beberapa unit rumah yang berada di atas tebing yang longsor terancam. “Kalau yang terdampak langsung tidak ada, tapi ada rumah yang terancam. Penghuninya sudah diungsikan ke tempat aman dan rumah kerabatnya,” ucap Indra

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur Irfan Sopyan mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan PUPR untuk menurunkan alat berat dan membersihkan material longsoran.

Tetapi tebal dan panjangnya longsoran membuat penanganan diperkirakan membutuhkan waktu beberapa hari.

“Alat berat sudah menuju lokasi. Paling cepat dua hari sudah bisa dilalui. Tapi kami tetap harus berhati-hati, sebab dikhawatirkan terjadi longsor susulan,” pungkasnya.(***).

Leave A Reply

Your email address will not be published.