A place where you need to follow for what happening in world cup

Gubernur Jabar Tinjau Longsor Di Cimanggung kabupaten Sumedang

0 465

Sumedang,Busernews19.com,-

Bencana alam longsor terjadi di Dsn Bojong Kondang RT 01/10 Desa Cihanjuang Kec. Cimanggung Kab. Sumedang.Sabtu Sore (9/1/2021).

Akibat intensitas curah hujan yang tinggi,longsor mengakibatkan sejumlah rumah rusak,dan mengakibatkan adanya korban jiwa.Kondisi tanah yang labil,mungkin saja adanya longsor susulan kembali.

Pantauan busernews19.com, Gubernur Jabar Ridwan Kamil,bersama Kapolda Jabar Irjen Pol.Ahmad Dofiri,Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir,Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan,BASARNAS lokal maupun Provinsi, meninjau lokasi longsor yang berada di kecamatan Cimanggung kabupaten Sumedang.Minggu (10/1/2021).

Kepada media Gubernur Jawa barat Kang Emil,mengatakan,” Dari hasil sementara,terjadi longsor itu kemarin Sabtu sore sekitar pukul 15.00 WIB,saat hujan deras,longsor terjadi di tanah yang memang kemiringannya cukup curam,terjadi beberapa kali,dan dua-duanya mengalami fatalitas,yang pertama diperkirakan kemungkinan 8 orang, kemudian di longsoran kedua terjadi korban, mayoritas penolong pada saat longsor pertama, termasuk Pak Danramil ikut menjadi korban Longsor,total 11 orang,kemungkinan diatas 20 orang korban yang masih tertimbun tanah longsor,Kita masih evakuasi,dalam belum ada konfirmasi lagi lebih jelas.”ungkapnya.

” Sesuai SOP,tentunya Basarnas dan BPBD baik lokal maupun Provinsi sudah bergerak,Saya minta media juga menyesuaikan,jangan sampai berada di lokasi yang sangat rawan,karena kalau nanti hujan,sudah ada laporan rekahan-rekahan tanah itu masih terjadi,maka sesuai protokol juga,Pak Kapolda dan jajaran,serta Basarnas sudah mengevakuasi di radius yang rawan ini Ke arah yang lebih aman.”ujar Kang Emil (sapaan akrab).

Gubernur Jabar juga menghimbau kepada masyarakat yang berada di radius rawan longsor,agar segera beralih ke tempat yang lebih aman,dan Saya mohon untuk kerja samanya memberikan ruang bagi petugas untuk mengevakuasi korban longsor yang sampai saat ini belum bisa ditemukan.”pungkasnya.

Penulis : Wawan Keling
Reporter : Busernews19.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.