A place where you need to follow for what happening in world cup

Desa Neglasari Limbangan Gelar Musrenbangdes TA.2022 Serta Penetapan APBDES TA.2021

0 65

Garut,Busernews19.com,-

PemerintahahDesa Neglasari kecamatan Limbangan Kabupaten Garut melaksanakan agenda rutin tahunan yakni Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk tahun Anggaran 2022 serta penetapan APBDES 2021.

Tidak hanya membahas tahun anggaran 2022 saja, Pemerintah Desa Neglasari melaporkan Anggaran yang sudah diserap di tahun 2020,dan menetapkan Anggaran untuk tahun 2021 ini.

Bertempat di Aula Desa Neglasari, Musrenbangdes turut dihadiri Camat Limbangan Drs.Heri Hermawan bersama Unsur Forkopimcam,Lembaga Desa,Tokoh Masyarakat,Kader PKK,UPTD Limbangan/Damkar, Pendamping Desa,Serta para RW dan RT setempat.Senin (18/1/2021).

Acara dibuka dengan pembacaan doa yang dilantunkan oleh sekertaris Desa Neglasari Kamaludin,Acarapun berjalan sesuai dengan Prokes Covid 19.

Kepala Desa Neglasari Aceng Alimin dalam sambutannya mengatakan,” Dalam hal ini Pemerintah Desa Neglasari menjunjung tinggi transparansi dan keterbukaan kepada semua lapisan masyarakat apa-apa saja yang sudah direalisasikan di tahun anggaran 2020.”ujarnya.

Dikatakan Aceng Alimin,” Semua sudah tau,bahwa di tahun anggaran 2020, Pemerintah Desa Neglasari sudah menyalurkan Anggaran Dana Desa sesuai dengan yang diharapkan masyarakat walaupun belum optimal tapi kita tetap optimis.”ujarnya.

Sambung Aceng,” Walaupun dalam kondisi Pandemi Covid 19, Pemerintah Desa Neglasari terus berupaya untuk meningkatkan beberapa faktor yang terdampak Pandemi Covid 19.karena Pandemi Covid 19 ini adalah masalah bersama yang harus didorong dari peran serta masyarakat juga.

Tidak hanya anggaran Desa saja,Kita di tahun 2020 sudah merealisasikan beberapa program aspirasi seperti Rutilahu Sebanyak 135 Unit rumah, Penyediaan sarana air Bersih, ,TPT,drainase,dan yang lainnya.”ungkapnya.

” Dan kami Pemerintah Desa Neglasari berharap di tahun 2021 ini dengan Dana Desa 1 miliar 133 juta bisa direalisasikan di beberapa aspek,dan mudah-mudahan apa yang belum direalisasikan di tahun 2020, semoga bisa direalisasikan di tahun 2021 dengan catatan tidak terkena Efisiensi.

Terakhir perlu semua ketahui,bahwa di tahun 2021,Desa Neglasari mendapatkan aspirasi untuk Rutilahu sebanyak 70 unit ditambah dari provinsi sebanyak 15 Unit,total 85 unit rumah yang akan di bedah.”imbuh Aceng Alimin.

Di waktu bersamaan Camat Limbangan Drs.Heri Hermawan,”menyampaikan apresiasi kepada kepala Desa Neglasari beserta jajaran yang telah berupaya mengoptimalkan Perencanaan pembangunan Desa, walaupun belum optimal karena terdampak Covid 19.”paparnya.

Untuk itu, Penetapan Anggaran untuk 2021 ini semoga berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat Desa Neglasari.”cetus Camat Limbangan.

Pantauan media Hendra selaku BPD menerima laporan pertanggung jawaban Anggaran tahun 2020, Menetapkan Anggaran 2021 , serta menyampaikan Rencana kerja Pembangunan Desa untuk tahun 2022.

Hendra pun selaku BPD Neglasari berharap Peran serta masyarakat sangat penting dalam menunjang program rencana Desa.Tinggal beberapa bulan lagi kita akan menggelar Pilkades 2021,oleh karena itu, Saya mengajak kepada masyarakat Neglasari untuk ikut mensukseskan Pilkades 2021.

Perlu diketahui juga tekhnis perencanaan Pemilihan Kepala Desa itu di masa Pendemi Covid 19 ini dilakukan per TPS,yang dimana sudah kita hitung bahwa akan ada 11 TPS dengan anggaran per TPS Rp.3.300.000 bersumber dari anggaran Dana Desa,untuk apa,untuk penyediaan APD di setiap TPS.

” Dan Kabar gembira juga datang dari BLT DD, terkait dengan penanganan Covid 19 di Tahun anggaran 2021 ini,bahwa BLT Dana Desa untuk warga yang terdampak Covid 19 ada peningkatan nilainya,yang semula Rp.200 ribu selama 6 bulan, berubah menjadi Rp.300 ribu untuk satu tahun.”pungkas Hendra

Acara berakhir ditutup dengan pembacaan Doa oleh ketua MUI Desa Neglasari Bapak H.Iding.(**Prima).

Leave A Reply

Your email address will not be published.